Label

Senin, 25 Juli 2016

Cave Tubing di Gua Pindul Gunung Kidul

Selalu kami sempatkan untuk traveling apabila ada kesempatan ke luar kota untuk keperluan pekerjaan. Berlima kemaren kami ke Jogja, karena waktu yang terbatas jadinya kamipun hanya sempat mampir ke Gua Pindul yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, sebelah timur Kota Jogja.

Sebenarnya banyak pilihan apabila waktu kami longgar, sempat kepikir untuk pergi melihat sunrise di Punthuk Setumbu yang berlatar Candi Borobudur tapi akhirnya hanya Gua Pindul yang bisa kami datangi.

Sampai di lokasi sekitar jam 10 pagi, perjalanan dari Jogja ditempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam. Jalan dari Jogja menuju lokasi cukup bagus, tidak terdapat lubang - lubang besar yang mengganggu. Karena hari itu adalah hari Jum'at maka kamipun menunggu sholat Jum'at dahulu sebelum tubing.

Banyak sekretariat atau operator yang ada di sana, mereka selalu berebut tamu yang datang dengan para lokal marketing standby di pinggir - pinggir jalan di sepanjang jalan menuju ke Gua Pindul. Retribusi masuk lokasi dikenakan 10k per orang. Cukup murah.

Di lokasi Gua Pindul ternyata ada beberapa pilihan tempat, selain gua pindul sendiri ada juga Gua Gelatik, Rafting Oyo dan Gua Baru, lokasi dari masing - masing tempat berdekatan. Disana juga banyak kami temui mobil - mobil offroad, berarti disana juga ada wisata untuk itu. Kemaren kami cuma mencoba paket Gua Pindul saja karena keterbatasan waktu, paket cave tubing disana kami dikenai 35k per orang. Mereka juga menawarkan paket lengkap dengan biaya 180k/orang.



Alam disana cukup indah dan baru buat saya, dimana kita bisa exploring gua yang dibawahnya dipenuhi dengan sumber air dengan menggunakan ban bekas yang sedikit dimodifikasi. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dari jarak antara start sampai finish yaitu 350 meter.

Satu yang kami sesalkan adalah kamar mandi harusnya menjadi fasilitas buat kami atau tamu yang datang tapi disana kami dikenakan tarif, meskipun murah hanya sekitar 3000 rupiah per orang. Di tempat wisata yang lain kalau kita bandingkan dengan tempat yang serupa, rafting misalnya, maka kamar mandi & toilet menjadi fasilitas para tamu yang datang. Kami tidak tahu apakah hanya sekretariat atau operator yang ini saja atau juga terjadi di sekretariat atau operator yang lain.

Secara keseluruhan pelayanan mereka cukup bagus, penjelasan mereka selama menjadi pemandu juga cukup lugas. Keaslian alamnya juga sangat kami nikmati.

So guys, itulah tempat alternatif yang bisa kalian kunjungi apabila traveling ke Jogjakarta, dijamin tempatnya sangat indah.

salam

































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar