Label

Selasa, 27 Oktober 2015

Bisnis Proses Project FTTH Telkom Indonesia

Mengerjakan proyek FTTH adalah hal baru buat saya tapi tidak buat teman - teman saya di kantor. Saya sudah terbiasa mengerjakan proyek B2S atau Collocation atau yang terkait dengan dunia per-toweran. Saat ini saya mendapatkan proyek FTTH dari Telkom Indonesia, sebagai hal baru tentu banyak hal yang harus saya pelajari. Beruntung saya berada di dekat orang - orang yang boleh dibilang expert di bidang itu, karena sudah puluhan tahun berkutat di proyek per-kabelan, dari jaman tembaga sampai sekarang migrasi ke optik.

Ijinkan saya untuk sharing bisnis proses pekerjaan FTTH yang sedang saya kerjakan barengan teman - teman kantor. Berikut adalah bisnis proses proyek FTTH :



Dari flow diatas bisa kita jelaskan sebagai berikut :

  1. Penjelasan Teknis : Mitra dapat undangan dari Telkom untuk mengikuti penjelasan teknis mengenai paket pekerjaan yang akan berjalan. 
  2. Asistensi : Telkom memberikan waktu untuk asistensi kepada Mitra perihal paket pekerjaan yang akan berjalan.
  3. Penerbitan Surat pra Pesanan & Waspang : Setelah malakukan penjelasan teknis, Telkom secara internal menerbitkan surat pra pesanan dan penunjukan waspang.
  4. Distribusi File Lokasi Deployment : Tahap selanjutnya Telkom akan membagikan polygon lokasi - lokasi yang akan di kembangkan.
  5. Survey On Site : Mitra segera melakukan survey lokasi dengan detail sesuai polygon yang dibagikan oleh Telkom.
  6. Review Hasil Survey : Setelah diberi waktu untuk survey, Telkom mengundang Mitra untuk melakukan review hasil survey.
  7. Penyusunan RAB & APD : Setelah survey lapangan selesai maka Mitra membuat RAB & APD sesuai polygon lokasi - lokasi yang di dapat.
  8. DRM : Telkom akan melakukan DRM bersama Mitra sebagai dasar akan dimulainya konstruksi.
  9. Konstruksi : Apabila DRM sudah dilakukan maka Mitra segera melakukan eksekusi pekerjaan tersebut.       


Kalau di detailkan bagian konstruksi saja maka flow-nya akan seperti di bawah ini :



Untuk flow konstruksi bisa di jelaskan sebagai berikut :

  1. Penarikan FO : Mitra memulai konstruksi dengan malakukan pekerjaan tarikan kabel.
  2. Terminasi : Apabila tarikan FO sudah selesai maka dilanjutkan dengan terminsasi ke ODC & ODP baru.
  3. Integrasi : Setelah terminasi maka Mitra melakukan integrasi antara jaringan baru dengan jaringan eksisting.
  4. Management Core, Validasi, ABD & Dokumentasi : Langkah selanjutnya adalah membuat management core, validasi, abd dan dokumentasi. 
  5. Test Comm : Setelah pekerjaan fisik selesai maka Mitra melakukan Test Comm dengan Waspang yang sudah ditetukan.
  6. Uji Terima : Setelah test comm Mitra melakukan Uji Terima dengan tim Uji Terima yang sudah ditentukan oleh Telkom.
  7. Inventory : Mitra menyerahkan semua dokumen admin ke Telkom.
  8. Go Live : Ini adalah kunci dari pekerjaan FTTH tang artinya jaringan baru sudah ter-sistem dengan jaringan eksisting, mulai dari STO ke ODP baru. Telkom punya slogan NO GO LIVE = NO PAYMENT.
Itulah sedikit sharing dari saya mengenai pekerjaan FTTH yang saat ini saya kerjakan, mungkin banyak kekurangan dalam penjelasan. Yang mau memberi masukan untuk tulisan ini dengan senang hati saya terima. Untuk detail pekerjaan mungkin bisa saya share lain waktu.

salam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar