Label

Kamis, 17 Desember 2015

Sholat Ashar & Maghrib di Masjid Gedhe Yogja

Bisa menjalankan sholat di Masjid yang bersejarah tentu sangat bersyukur. Kemaren pas ke Yogja Alhamdullilah saya sempat mampir ke Masjid Gedhe Yogja untuk sholat Ashar tapi karena hujan deras turun akhirnya sambil menunggu reda saya sekalian sholat Maghrib.

Masjid yang berada di sisi barat alun - alun utara atau yang beralamat di Jl. Kauman Alun - alun Keraton Yogjakarta tersebut berdiri sekitar tahun 1773 masehi, arsitekturnya sangat kental budaya Jawa yaitu berbentuk tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga. Pagar yang mengitari Masjid berdimensi tinggi dan besar, pintu utamanya berada di sisi timur atau persis berhadapan dengan alun - alun utara. 

Tampak depan Masjid Gedhe Kauman Yogja

Lagi nungguin hujan reda di teras sebelah timur Masjid Gedhe

Saya kurang tahu apakah bangunan Masjid yang sekarang sudah banyak renovasi atau masih asli dari dahulu. Kalau teman - teman pernah melihat film "Sang Pencerah" dimana disana background utamanya adalah Masjid Kauman maka Masjid Gedhe inilah yang sekarang kita kenal. Salah satu cerita dalam film tersebut adalah soal dirubahnya arah kiblat oleh KH. Ahmad Dahlan, dari yang awal kemudian terjadi pergeseran kemiringan sekitar 20 derajat. Saat ini kita bisa menyaksikan hal itu pada saat sholat di sana, kondisi sekarang memang sudah tidak tegak lurus antara kita menghadap kiblat dengan Imaman.

Meskipun Masjid Gedhe berusia tua tapi perawatannya sangat terjaga, tidak saya temukan sisi bangunan yang rusak. Bersyukur saya bisa merasakan nikmatnya sholat di sana. Semoga saya bisa mejalankan sholat - sholat selanjutnya di masjid - masjid bersejarah lainnya.

salam      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar