Label

Kamis, 17 Desember 2015

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogja

Salah satu tujuan wisata di Yogja yang saat ini lagi ramai dikunjungi adalah Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo. Saya awalnya tahu tempat ini adalah dari detik.com, begitu tahu ada tempat yang cukup indah viewnya dan spot fotonya yang lain dari biasanya maka begitu ada kesempatan saya langsung ke sana.



Akhirnya Rabu kemaren kesempatan itu benar - benar datang dan tanpa pikir panjang saya pun pergi kesana. Bersama Pak Munif dan Pak Rudi saya jam 6 pagi cekout dari hotel, mumpung masih pagi pikiran saya waktu itu dan juga karena kami bertiga belum ada yang pernah kesana, jadi pasti nantinya banyak bertanya meskipun kami buka google map. Jarak antara hotel kami menginap dengan tempat tujuan sekitar 43 km dan ditempuh dalam waktu 1 h 10 m, itu info dari google map.

Perjalanan pun dimulai, ternyata jalan utama ke arah Kulon Progo sangat mulus dan lebar jadi awal perjalanan pun sangat nyaman, saat itu juga kondisi masih pagi jadi jalanan belum macet. Begitu masuk ke arah Kalibiru dari jalan utama jalanan sudah tidak semulus sebelumnya meskipun tidak juga bisa dibilang rusak. Jalanan mulai naik tajam, berkelok dan kecil, sehingga apabila bertemu dengan mobil dari arah sebaliknya maka akan sangat repot. Beruntung waktu itu cuma mobil kami yang melintas. Butuh keahlian dan keyakinan buat sopir yang ingin naik kesana. Pak Munif jadi driver waktu itu dan saya navigatornya, hehehe.




Akhirnya sampai juga kami di Kalibiru, warga setempat sangat ramah dan kami dituntun ke tempat parkir yang ada di depan rumah warga, karena memang Wisata Alam Kalibiru berada di perkampungan warga. Jarak antara tempat parkir mobil dengan spot yang kami ingingkan sekitar 200 m dengan kondisi jalan yang naik tajam. Saat kami sampai sana ternyata sudah ada satu mobil lain, penumpangnya ternyata juga sudah antri di spot 1 untuk foto.



Di Kalibiru ada 3 spot foto yang tersedia dengan latar yang sama. Parkir mobil dikenai 5000 rupiah, tiket masuk juga 5000 rupiah per orang, kemudian untuk naik ke spot per orangnya dikenai 15.000 rupiah, pengambilan foto dilakukan oleh petugas disana dan dikenakan 5000 per foto dengan minimal mengambil 3 foto. Kalau dirata - rata per orang total biaya yang dikeluarkan di Kalibiru sebesar 35.000 rupiah, hehehe sebuah wisata yang murah bukan, tapi tentu bukan murahan karena hasil foto yang didapat sangat bagus. Semakin siang semakin banyak orang yang datang dan kebanyakan mereka datang dari Jakarta. Info dari mas - mas penjaga disana spot 1 yang kami datangi rata - rata per hari dikunjungi sekitar 100 orang. Di sana juga banyak menyediakan penginapan - penginapan buat yang ingin stay.




Ternyata Yogja tidak hanya Parangtritis, Borobudur dan Prambanan, setelah beberapa waktu yang lalu saya ke Merapi sekarang bisa ke Kalibiru, sepertinya masih banyak lagi tempat eksotis lain di Yogja. Semoga selanjutnya kami bisa merasakan keindahan alam lainnya di Yogja.

salam



       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar